Verawati

Verawati, lahir di Bekasi pada tanggal 25 Desember 1977 adalah salah seorang guru Akuntansi di Kabupaten Bekasi yang tidak hanya aktif dalam membina murid-murid...

Selengkapnya

MENGETIK TANPA JARI

Ada pepatah mengatakan lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Mungkin ini yang berlaku pada diri saya ketika tulisan ini saya buat. Mungkin sudah banyak orang tahu mengenai apa yang saya maksud dengan mengetik tanpa jari.

Ilmu ini awalnya saya lihat dari teman yang memposting perintah di FB kepada murid-muridnya bahwa murid harus membuka buku halaman tertentu, lalu ia sebagai guru memberikan perintah begini: "Anak-anak, silakan ketik dengan mulutmu".

Awalnya sy merasa perintah tersebut sangat kasar, namun setelah saya tahu teman saya tersebut menggunakan sebuah aplikasi, maka barulah saya sadar bahwa ternyata saya termasuk orang yang ketinggalan zaman.

Mengetik tanpa jari dengan kata lain mengoptimalkan suara melalui salah satu aplikasi bernama speech note.

Aplikasi ini mudah kita gunakan dan cukup akurat Apabila kita ingin mengetik dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan kecepatan tangan.

Aplikasi ini bisa kita download di Play Store kemudian pilih di pojok kiri atas "new note", selanjutnya kita tekan gambar mikrofon dan setelah itu kita mulai dapat berbicara apa saja.

Pada saat kita berbicara, maka dilayar monitor akan keluar kata-kata yang kita ucapkan tersebut.

Untuk mengirim kata-kata yang sudah kita tulis, kita bisa menekan tanda panah di sebelah atas kemudian kita kirimkan ke WhatsApp seseorang atau bisa juga kita simpan di sana.

Dengan demikian tulisan bisa kita edit atau bisa juga kita kirim langsung.

Untuk akurasi, memang tidak bisa kita andalkan 100% akan tetapi tentu ini jauh lebih cepat dibandingkan jika kita menulis dengan menggunakan jari tangan.

Jika menggunakan jari, kita harus konsentrasi memikirkan huruf-huruf apa saja yang harus kita tekan. Terkadang jika tombol terlalu kecil, bisa saja tertekan dua tombol sekaligus. Itulah salah satu kelemahan mengetik dengan menggunakan jari.

Mengetik dengan suara juga tidak lepas dari kelemahan yakni : paling tidak kita harus memiliki koneksi internet, tapi untuk aplikasi ini bisa juga dilakukan secara offline. Kelemahan lainnya yaitu kondisi di sekitar harus cukup sepi. Hal ini dimaksudkan agar suara suara lain tidak ikut masuk dan terketik ke dalam monitor.

Bagi para penulis, tentu saja aplikasi ini sangat membantu. Ibarat buku bertemu ruas dimana aplikasi ini adalah jodoh yang sangat cocok untuk membantu mereka. Bagaimana tidak, seorang penulis terkadang ingin sekali menuliskan apa-apa yang ada di pikirannya.

Terkadang ide yang terlintas di pikirannya bergerak lebih cepat bergerak dibandingkan kecepatan tangan.

Oleh karena itu, bertemu dengan aplikasi ini akan lebih memaksimalkan potensi mereka.

Setelah proses entri kata-kata selesai, tentu saja semua kata-kata tersebut wajib melalui proses editing lagi untuk meletakkan tanda baca yang tepat . Hal ini perlu dilakukan karena jika kita entri kata dengan suara sambil memikirkan tanda baca, maka sedikit banyak koneksi di aplikasi akan terhenti sementara, artinya ada proses loading sesaat. Maka saya sarankan bicara saja dulu, baru kemudian tahap editing belakangan. Dengan demikian tentu aja entri kata akan terasa lebih cepat.

Kita dapat membuat artikel dan mungkin setiap saat. Paling tidak, jika setiap hari kita luangkan 5 menit atau 10 menit di tempat yang sepi untuk merefleksi kejadian apa yang sudah terjadi, maka dalam sehari bisa lebih dari satu artikel kita tulis. Yang penting ada ide dan suasana kondusif untuk bicara di depan handphone.

Tidak hanya untuk para penulis, bagi para guru yang ingin membuat soal ujian pun mereka bisa mengkonsep dulu soal-soal dulu di kertas coretan, lalu membacakan nya di aplikasi ini. Untuk soal yang sifatnya uraian dan angka-angka sederhana rasanya aplikasi ini cukup akurat mengubah kata-kata menjadi angka. Saya telah membuktikannya untuk pengucapan nominal uang pada pelajaran Akuntansi. Selain membaca dari konsep soal, guru-guru tersebut juga bisa memilih dari bank soal, kemudian membacakannya ke dalam aplikasi ini.

Jadi pada prinsipnya, tidak hanya untuk membuat soal atau membuat tulisan saja, segala macam pekerjaan yang terkait dengan tulisan, misalnya membuat laporan, tugas-tugas, skripsi tesis dan sebagainya.

Menulis sekarang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja yang penting ada alokasi waktu ada mister handphone di dekat kita. Bukankah si mister handphone itu selalu dekat dengan kita? selamat mencoba dan rasakan efektivitasnya. (Vera-Sept'18).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Benar banget, sangat membantu, tp aku blm bisa, ajarin dong

12 Sep
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali