Verawati

Verawati, lahir di Bekasi pada tanggal 25 Desember 1977 adalah salah seorang guru Akuntansi di Kabupaten Bekasi yang tidak hanya aktif dalam membina murid-murid...

Selengkapnya

IKHTIAR MKKS KABUPATEN BEKASI UNTUK MENINGKATKAN NILAI UN 2020



Cikarang Barat, 2019.

Jumat, 8 November sore ini, di bawah teduhnya pepohonan di sekitar aula SMKN 1 Cikarang Barat Kabupaten Bekasi, berkumpulah para kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk melakukan satu ikhtiar untuk meningkatkan nilai UN SMK di kabupaten Bekasi di tahun 2020 nanti.



Kegiatan ini difasilitasi oleh MKKS kabupaten Bekasi yang diketuai oleh Bapak Nopri dan sebelumnya telah terjadi diskusi antara pihak MKKS dengan Pak Anis dari SMK Wikrama Bogor.

Pihak MKKS dan beberapa sekolah yang stelah dipilih tengah memikirkan tentang bagaimana upaya kongkrit yang harus dilakukan oleh sekolah-sekolah di propinsi Jawa Barat, khususnya kabupaten Bekasi, agar mampu menaikkan posisi hasil UN nya minimal 5 besar dalam skala Nasional.

Peringkat UN Jawa Barat untuk tahun 2019 yang lalu cukup memprihatikan yakni kedua dari bawah. Hasil yang cukup mengecewakan ini membuat kepala dinas pendidikan propinsi Jawa Barat memberikan kesempatan kepada SMK Wikrama Bogor untuk melakukan upaya-upaya agar membantu SMK di Jawa barat menggunakan sebuah aplikasi yang dirancang oleh SMK Wikrama bernama kejar.id.

Sebelumnya aplikasi ini telah sukses diterapkan di Jawa Timur, bahkan saat ini propinsi Aceh dan Sumatera Utara telah mulai ditangani pula oleh Pak Anis untuk menggunakan aplikasi ini.

Bersyukurlah SMK Wikrama memiliki SDM seloyal Pak Anis. Beliau dengan segala energi yang dimilikinya mencoba untuk memberikan motivasi dan alasan yang rasional mengapa saat ini belajar UN perlu dengan format baru.

Beruntung pula nama beliau adalah ANIS karena nama ini sudah terkenal di Indonesia dan selalu identik dengan orang terkenal, misalnya Anis Baswedan.

Kembali kepada kegiatan MKKS hari ini, setelah Pak Nopri memberikan kesempatan kepada pak Anis untuk menjelaskan mengapa program aplikasi kejar.id dapat membantu siswa, beliau juga mengatakan bahwa pada prinsipnya belajar UN atau belajar apapun harus mengikuti dua rumus yakni pembiasan dan pengulangan.

Mengapa menggunakan aplikasi ini efektif? Karena ada tiga pola yang jika diikuti dengan benar maka hasilnya dijamin manjur untuk meningkatkan nilai UN. Rumus tersebut adalah: 10, 85, 75.
Maksudnya adalah jika siswa sudah mendapatkan nilai 10 dalam latihan soal,
8,5 dalam latihan try out dan 7,5 di try out pertama mereka, maka dijamin hasil UN mereka akan masuk dalam kategori baik.

Disamping itu, jika seluruh siswa diberikan penguatan rumus tersebut, maka dipastikan tingkat keterserapannya juga tinggi.

Berbagai trik dan upaya yang telah dilakukan oleh pak Anis selama 9 tahun menerapkan aplikasi ini di berbagai sekolah beliau juga menerangkan betapa pentingnya menciptakan pemetaan siswa di awal yang disebut pemilihan siswa yang berstatus JAGOAN. Sebagai upaya untuk memupuk rasa percaya diri mereka, para jagoan UN diberikan pin dan dilantik saat upacara bendera. Bayangkan bagaimana bangganya mereka dipilih sebagai siswa yang dianggap mampu untuk mencapai nilai yang tinggi saat UN nanti.

Program aplikasi gratis juga ditawarkan oleh pak Anis dengan upaya sekolah melakukan pemilihan jagoan di setiap sekolah untuk bulan Oktober tahun 2019 ini. Setelah di awal terpilih 10 jagoan UN, selanjutnya di akhir bulan jagoan UN itu harus bertambah lagi 10 dan seterusnya. Sebaiknya siswa yang sudah dipilih pada jagoan UN tidak boleh dipilih lagi pada pemilihan jagoan berikutnya agar jumlah mereka semakin bertambah.

Setelah upaya pemilihan jagoan ini dilakukan, maka langkah berikutnya adalah pemetaan.Di aplikasinya sudah ada pilihan HOT UN.

Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah kegiatan untuk guru mapel UN yakni melakukan supervisi online kepada mereka.

Supervisi online adalah supervisi berbasis data. Masukkan nilai try out ulangan 1, ulangan 2, ulangan 3.Jika tidak dimasukkan ke dalam ulangan harian dan hanya instruksi try out saja maka akan kurang maksimal daya serapnya. Begitu menurut penjelasan beliau. Dalam hati saya angkat jempol sebab tepat sekali hal itu terjadi di sekolah saya karena kami baru menerapkan 4 bulan program ini.

Diakhir sesi kegiatan ini pak Anis menantang sekolah mana yang berani untuk mengundang saya agar mau bekerjasama dan perwakilan dari
SMK Yadika 13 langsung angkat tangan dan berani untuk memulai terlebih dahulu.

Sebenarnya banyak cara untuk meningkatkan daya serap penggunaan aplikasi ini misalnya diterapkan bahwa
persyaratan untuk menyelesaikan UAS untuk kls XII adalah sudah menyelesaikan sampai dengan try out 7 (misalnya).

Dalam pertemuan ini ditekankan oleh pak Anis bahwa SMK yang diundang pada hari ini hendaknya segera mengirimkan data siswa kelas XII sebab untuk bulan Oktober, November dan Desember para siswa boleh menikmati aplikasi secara free atau gratis.

Perlu diingatkan juga bahwa guru dan siswa harus sama-sama belajar. Karena terkadang yang menjadi problem adalah jika gurunya menyuruh tapi ia sendiri tidak melakukan. Guru harus juga belajar meskipun intensitasnya tidak sebanyak siswa karena guru juga memiliki beban kerja yang cukup tinggi.

Pesan-pesan yang diberikan oleh Pak Anis sebelum acara berakhir antara lain : "Jadilah guru milenial yakni ketika masuk kelas maka siswa diharuskan untuk membuka android dan mengerjakan soal-soal secara online".

Sebenarnya masih banyak hal lain yang hari ini dibicarakan namun karena kumandang azan ashar telah lama terdengar, maka kegiatan hari ini diakhiri dengan pengambilan video berbahasa sunda yang diulang-ulang.

Semoga pertemuan kepala sekolah dan kurikulum pada hari ini menjadi salah satu ikhtiar untuk meningkatkan nilai UN siswa khususnya siswa SMK di kabupaten Bekasi.



Cikarang barat, 8 November 2019,
Salah satu peserta

Ibu Vera

Waka kurikulum SMKN 2 Cikarang Barat









DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Thank you for your support pak Anis..we still learn and learn

08 Nov
Balas

Thank you for your support pak Anis..we still learn and learn

08 Nov
Balas

Mantaps reportasenya. Tapi SMK Al Ishlah gak diundang, hehehe. Sukses selalu dan barakallahu fiik

08 Nov
Balas

Terima kasih ibu vera smkn 2 cikarang barat sudah ambil start terdepan utk ikhtiar peningkatan un di kab. Bekasi, sebagai kurikulum inspiring jawa barat

08 Nov
Balas
search