Verawati

Verawati, lahir di Bekasi pada tanggal 25 Desember 1977 adalah salah seorang guru Akuntansi di Kabupaten Bekasi yang tidak hanya aktif dalam membina murid-murid...

Selengkapnya

METODE BIMBEL GAYA BARU

METODE BIMBEL GAYA BARU

Oleh : Verawati, M.Ed

Alhamdulillah hari ini dapat metode pengajaran bimbel gaya baru yang lumayan efektif jika digabungkan dengan paket aplikasi.

Pak Anis dari SMK Wikrama hari ini langsung mendemonstrasikan bagaimana para siswa pilihan menjadi tutor sebaya bagi teman-teman mereka, sekaligus menjadi asgur alias asisten guru.

Secara teknis demonstrasi yang hari ini dipertontonkan adalah sebagai berikut : Ruang kelas dijauhkan dari meja-meja, sementara kursi dibuat melingkar di kelas. Siswa pilihan atau siswa jagoan berada di beberapa titik di sekitar para siswa yang lain. Siswa jagoan mengamati siswa lain yang memerlukan pertolongan. Jika ada yang mengangkat tangan, artinya siswa tersebut memerlukan pertolongan untuk menjawab soal try out yang sudah ditentukan oleh guru. Misalnya pada pertemuan pertama kita mengerjakan try out 7. Setiap siswa akan menemukan masalah yang berbeda. Jika siswa pilihan tidak sanggup untuk menolong siswa biasa, maka dicoba oleh siswa jagoan lain yg lebih pintar hingga atau guru langsung turun tangan. Jika guru juga tidak mampu menjawab, maka soal akan di screenshot dan guru akan berjanji menjawabnya lain waktu.

Alhamdulillah dengan metode bimbel ini lebih menantang karena siswa dan guru dihadapkan pada masalah yang heterogen. Guru dan siswa ditantang dg masalah yang bervariasi.

Bimbel pada umumnya sama seperti proses KBM biasa yakni guru membahas suatu tema yg ditentukan kemudian berlatih dengan tema yang seragam. Hari ini saya mempelajari bahwa bimbel gaya langsung berhadapan dg masalah yg berbeda dan diselesaikan dengan cara bergotong royong ternyata banyak manfaatnya, misalnya:

1. Daya serap untuk pemanfaatan aplikasi lebih maksimal.

2. Rasa percaya diri siswa pilihan semakin meningkat.

3. Suasana kelas lebih dinamis dan siswa terlihat tidak bosan karena mereka menang butuh untuk diajarkan pada masalah yang berbeda-beda.

Demonstrasi yang saya lihat langsung hari ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk pendalaman materi UN dimana kita tidak terpaku pada satu materi yang homogen, akan tetapi langsung action menghadapi berbagai model soal yang heterogen.

Hasil dokumentasi penerapan metode ini saya lampirkan bersama dengan tulisan ini. Semoga metode bimbel gaya baru ini bisa diterapkan di SMKN 2 Cikarang Barat sambil terus dievaluasi apa kelebihan dan kekurangannya.

Cikarang Barat 5 November 2019

Kurikulum SMKN 2

Ibu Vera

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Wah menarik sekali ibu. Aku pengajar bimbel sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Aku juga pengajar UN untuk bidang geografi MA/SMA. Penerapan metode ini apakah bisa diterapkan untuk semua bidang studi? Jika ilmu sosial mencari jagoan agak sulit dalam penguasaan konsep materi kelas X, XI, dan XII.. Salam kenal dan salam literasi

05 Nov
Balas

Keren model pembelajarannya ver. Sukses selalu dan barakallahu fiik

06 Nov
Balas
search